Jasa Pasang Baja Ringan Semarang

Jasa Pasang Baja Ringan Semarang

Perbedaan Zincalume, Galvalume dan Galvanis

Perbedaan Zincalume, Galvalume dan Galvanis – Apa sih bedanya antara baja ringan Zincalume, Galvalume, dan Galvanis? Mungkin pertanyaan seperti ini biasa muncul bagi yang baru mengenal tentang baja ringan. Para konsumen menjadi bingung saat mau memilih jenis baja ringan mana yang paling bagus, kuat, dan tahan lama untuk bangunan rumahnya. Pihak penjual pun kadang juga kurang mengerti detailnya sehingga tidak mampu menjelaskan kepada konsumen secara lengkap dan menyeluruh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa perbedaan antara Zincalume, Galvalume dan Galvanis.

Zincalume, Galvalume dan Galvanis sama-sama merupakan suatu lapisan anti karat. Jika diibaratkan sebuah besi yang dicat dengan warna biru, maka Zincalume dan Galvanis merupakan cat warna biru tersebut. Ketahanan (kualitas) suatu lapisan anti karat ditentukan oleh ketebalan atau kadar lapisan anti karat tersebut, bukan ditentukan oleh jenisnya. Lapisan anti karat suatu struktur konstruksi baja ringan mempunyai syarat ketebalan atau kadar minimum sebagai suatu bangunan struktur, dapat dijelaskan melalui tabel berikut :

Anti Karat
Ketebalan
Kelebihan
Kelemahan
Galvanis
> 180 gr/m2 
Tahan korosif terhadap mortar/adukan semen
Tidak tahan korosif terhadap air garam
Zincalume / Galvalume
> 150 gr/m2 
Tahan korosif terhadap air garam
Tidak tahan korosif terhadap mortar/adukan semen

Perbedaan Zincalume, Galvalume dan Galvanis

Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium).

Galvalume merujuk pada material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon. Material baja ringan Galvalume inilah yang popular dengan sebutan Zincalume.

Ada juga referensi yang menyebutkan bahwa baja ringan Zincalume memiliki ketahanan karat/korosi mencapai 4 kali lipat dibanding baja berlapis Galvanis. Mengapa bisa seperti itu? Sebab, sifat Aluminium yang tahan karat dikombinasikan dengan Zinc yang keras menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut lebih tahan karat, kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan Galvanis.

Nah... setelah Anda mengetahui perbedaan antara Zincalume, Galvalume dan Galvanis, sekarang Anda bisa memilih sendiri jenis baja ringan mana yang paling bagus untuk bangunan rumah Anda. Untuk informasi dan pemesanan pemasangan atap baja ringan di wilayah Semarang, Solo Raya, Yogyakarta dan Magelang silakan hubungi kontak kami.